Workshop Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2022 di Lingkungan FSR ISI Yogyakarta

DESPRO NEWS (06 Juni 2022) Proses pembelajaran yang diperoleh mahasiswa tidak hanya melalui kegiatan kuliah di kampus saja. Ada banyak kegiatan luar kampus yang dapat menjadi alternatif sumber pembelajaran, salah satunya Program Kreativitas Mahasiswa atau PKM. ISI Yogyakarta aktif mendorong mahasiswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan tahunan ini. Memasuki masa pertengahan tahun 2022, ISI Yogyakarta mulai aktif mengarahkan mahasiswa menyiapkan proposal berupa ide atau gagasan untuk diajukan pada PKM 2022 dan PIMNAS 2023. Di Fakultas Seni Rupa sendiri, di bawah komando Wakil Dekan III, Lutse Lambert Daniel Morin, S.Sn., M.Sn., telah diadakan rangkaian kegiatan pengarahan untuk kegiatan tersebut. Kegiatan terbaru yang dilaksanakan bertajuk Workshop Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) untuk penjaringan proposal mahasiswa yang akan diajukan pada tahun 2023. Workshop ini berlangsung pada hari Senin, 06 Juni 2022 di Gedung Sasana Ajiyasa FSR ISI Yogyakarta dengan pelaksanaan secara hybrid (luring dan daring-via zoom).

Saat pelaksanaannya, ruang kegiatan Workshop dipadati oleh mahasiswa yang tertarik mengikuti PKM. Di samping itu, kegiatan ini pun dihadiri oleh dosen-dosen yang nantinya akan menjadi pendamping selama PKM maupun PIMNAS berlangsung. Pada kegiatan ini, Kaprodi Desain Produk, Dr. Rahmawan Dwi Prasetya, S.Sn., M.Si. dan dosen Desain Produk, Nandang Septian, M.Ds. hadir untuk mengikuti pemaparan dengan agenda utama yaitu mengupas tuntas prosedur PKM 2022 dan PIMNAS 2023, penentuan dosen pendamping, serta pemilihan ketua masing-masing kelompok mahasiswa. Sebelum memasuki sesi pemaparan utama, Pembantu Rektor III yang turut hadir, Muhamad Sholahuddin, S.Sn., M.T. menyampaikan bahwa PKM bertujuan untuk melahirkan SDM yang unggul, taat aturan, kreatif, dan inovatif sehingga harapannya mahasiswa ISI Yogyakarta pun mampu berprestasi di tingkat nasional.

Cita-cita baik tersebut berusaha diwujudkan dengan melaksanakan kegiatan workshop serta menghadirkan narasumber yang ahli di bidang PKM maupun PIMNAS. Sesi pertama dibawakan oleh Sukinah, M.Pd. yang merupakan reviewer PKM dan juri PIMNAS 2015-2019. Pada sesi ini pokok pembahasannya mencakup persiapan menggali ide/gagasan, pemaparan aturan/panduan terbaru, serta pembagian tips-and-tricks selama mengikuti PKM. Beliau menekankan pula bahwa beberapa hal penting dalam PKM yang perlu diperhatikan adalah kerja sama antara individu dalam tim (tidak bersifat individualis, melainkan menjunjung kebhinekaan), metode yang digunakan, dan pemecahan masalah yang kreatif. Sementara, sesi dua yang dibawakan oleh Drs. Soewardi, M.Sn. yang merupakan reviewer PKM 2004-2020 dan juri PIMNAS tahun 2004-2019 melengkapi materi sesi workshop dengan menekankan bahwa mahasiswa sebaiknya memahami betul masalah yang terdapat pada mitra (masyarakat sasaran), bukan berbasis dari keinginan pribadi sendiri.