Workshop Desain Produk Rotan 2015

DESPRO, NEWS (11 Agustus 2015) Sebuah workshop 5 hari yang berlabel “Rattan Craft Workshop” kemarin telah selesai diselenggarakan di Sanur, Bali. Event yang diselenggarakan oleh Jurusan Desain Produk, ITS (Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya) tersebut berlangsung dari tanggal 5 – 10 Agustus 2015 di BCIC (Bali Creative Industry Center) Jl. WR Supratman 302 Tohpati, Denpasar, Bali. Peserta workshop tersebut berasal dari kalangan akademisi, dosen dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi (Universitas Katolik Petra Surabaya, Institut Teknologi Bandung, ISI Denpasar, ISI Yogyakarta, dan ITS sendiri), desainer produk, dan pelaku industri kecil menengah se-Indonesia. ISI Yogyakarta mengirimkan 2 wakilnya sebagai peserta, yaitu Rahmawan D. Prasetya, SSn., MSi. (Program Studi Desain Produk) dan Drs. Hartoto Indra S. (Program Studi Desain Interior).

Lima orang pembicara sekaligus instruktur workshop tersebut adalah Prof. Dr. Andi Tanra Tellu (PIRNAS/Pusat Inovasi Rotan Nasional – Kementerian Industri dan Perdagangan RI), Dr. Agus Windharto, DEA (Jurusan Desain Produk-ITS ), Andar Bagus Sriwarno, PhD (Program Studi Desain Produk-ITB), Abie Abdillah, S.Ds. (Desainer Produk/Profesional), dan Denny Willy, PhD (Program Studi Desain Produk-ITB).

Selama 5 hari, para peserta diajak untuk mengenal lebih jauh tentang material rotan yang tersedia melimpah di negara kita. Selain pengenalan bahan, peserta juga mendesain dan mewujudkannya dalam bentuk prototype dengan bahan baku rotan. Dengan bengkel workshop yang dilengkapi dengan berbagai peralatan dan fasilitas yang lengkap, peserta diberi keleluasaan bereksperimen dengan material rotan. Hasil workshop yang berupa desain dan prototype-nya kemudian diikutsertakan dalam event exhibition ICCI (International Conference of Creative Industry) tanggal 11 – 12 Agustus 2015.