Pra-konvensi Good Design

DESPRO NEWS (24 Juli 2021) Pertemuan Pra-konvensi Good Design yang diselenggarakan oleh Forum Program Studi Desain Produk Afiliasi ADPII (Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia) hari ini berlangsung dengan sukses. Para ketua program studi Desain Produk dari 21 Perguruan tinggi se-Indonesia didampingi 1 orang dosen, hadir dan berpartisipasi aktif dalam event yang digelar secara daring tersebut. Tujuan dari kegiatan ini adalah menjaring aspirasi para anggota forum terkait dengan karakteristik Good Desain di level 6 KKNI. Hasil dari kegiatan ini nantinya akan dibawa ke event lanjutan, Konvensi Good Design pada Desember mendatang.

Acara yang berlangsung dari jam 08.00 hingga 16.30 tersebut menghadirkan 3 orang narasumber yaitu, Prof. Imam Buchori (akademisi), Mizan Alan De Neve (praktisi), dan Damang Sarumpaet (praktisi). Hadir dan memberikan sambutan dalam kegiatan tersebut, Arie Kurniawan (Ketua ADPII), Achmad Syarief, MSD., Ph.D (Ketua Forum Prodi DP), dan Dr. Adhi Nugraha, M.A. (Ketua Dewan Pembina ADPII). Juga hadir dalam acara tersebut Dewan Kurator Forum Prodi Despro yang beranggotakan Achmad Syarief, MSD., Ph.D., Dr. Andry Masri, M.Sn., Dr. Adhi Nugraha, M.A., Dr. Yannes Martinus Pasaribu, M.Sn., Dr. Mohammad Junaedi Hidayat, ST., M.Ds, Ellya Zulaikha, S.T, M.Sn, Ph.D., dan Dr. Rahmawan D. Prasetya, S.Sn., M.Si.  Setelah jeda istirahat selama 1 jam, acara dilanjutkan dengan diskusi paralel 3 topik di 3 breakout room.

>

Program Studi Desain Produk, Institut Seni Indonesia Yogyakarta sendiri turut berpartisipasi dengan mengirimkan Dr. Rahmawan D. Prasetya, S.Sn., M.Si. (ketua program studi) dan Nor Jayadi, S.Sn., M.A. (sekretaris program studi). “Kegiatan ini memungkinkan kita untuk memberi dan menerima informasi baru yang berbeda dengan yang kita pahami,” kata Dr. Rahmawan D. Prasetya, S.Sn., M.Si. ketika dimintai tanggapannya. “Sehingga diskusi kita hari ini menjadi hidup dan mengalir positif. Ada titik temu, benang merah, atau kompromi-kompromi yang dilakukan agar visi kita, visi prodi despro yang tergabung dalam forum prodi afliasi ADPII ini sejalan. Kesamaan visi ini akan menjadikan organisasi ini menjadi organisasi besar dan powerful, yang memiliki pengaruh kuat dalam memperjuangkan pendidikan di bidang Desain Produk,” lanjutnya.***