Penjajakan Kerjasama dengan Astra Daihatsu Motor

DESPRO NEWS (10 Oktober 2019) Bertempat di Ruang Despro Center, Gedung Desain Produk Lantai 2, Kampus Fakultas Seni Rupa, ISI Yogyakarta, siang tadi, Kamis, 10 Oktober 2019, Program Studi Desain Produk menerima seorang tamu dari PT Astra Daihatsu Motor. Sekretaris Prodi Desain Produk, Nor Jayadi, S.Sn., M.A., didampingi Rahmawan D. Prasetya, S.Sn., M.Si. dan Drs. Endro Tri Susanto, M.Sn. membahas kerjasama yang diinisasi oleh PT Astra Daihatsu Motor yang diwakili oleh M. Wisnu Hariyanto, Head of Human Resources Division.

Pertemuan di Ruang Despro Center

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) adalah Agen Pemegang Merek (APM) Daihatsu di Indonesia. Dengan kapasitas produksi terpasang sebesar 530.000 unit per tahun, ADM menjadi industri otomotif yang memiliki kapasitas produksi terpasang terbesar di Indonesia. Kapasitas produksi tersebut dicapai melalui lima pabriknya, yaitu Sunter Assembly Plant, Sunter Press Plant, Karawang Casting Plant, Karawang Engine Plant dan Karawang Assembly Plant, dan didukung dengan sentra suku cadang di Cibitung. Produk-produknya antara lain adalah Xenia, Terios, Gran Max, Hi-Max, Luxio, Astra Daihatsu Ayla dan Astra Daihatsu Sigra, yang diproduksi di pabrik ADM, ditambah dengan Daihatsu Sirion yang diimpor dari Malaysia dan Daihatsu Copen yang merupakan produk impor dari Jepang. Kapasitas produksi dan keberagaman produk tersebut tidak lepas dari dukungan fasilitas yang dimiliki ADM. Selain memiliki Pusat Penelitian & Pengembangan (R&D Center) yang aktif melakukan terobosan inovasi, ADM juga melengkapinya dengan studio desain untuk pembuatan mock up produk baru, test course untuk uji coba kendaraan pada lebih dari 20 jenis simulasi kondisi jalan yang terdapat di tanah air, dan fasilitas Engineering Center yang berfungsi memberikan jaminan kualitas produk yang dihasilkan.

Dalam R&D Center inilah diperlukan tenaga-tenaga yang kompeten yang kebanyakan adalah lulusan desain produk. Dalam rangka itulah, ADM merasa perlu untuk menjajaki kemungkinan kerjasama dengan Prodi Desain Produk ISI Yogyakarta. Selain untuk rekruitmen tenaga desainer produk otomotif, juga dimungkinkan penyelenggaraan workshop desain otomotif untuk menumbuhkan minat mahasiswa Desain Produk agar tertarik pada dunia otomotif. Selain itu, dimungkinkan pula melakukan kajian kurikulum di Prodi Desain Produk, terutama mata kuliah yang mengarah pada bidang otomotif. Bahkan kemungkinan untuk menghadirkan dosen tamu dari ADM juga terbuka lebar.

Pertemuan tersebut dilanjutkan di Ruang Rapat Rektorat, Gedung Rektorat Lantai 3 guna membahas MoU secara lebih terinci. Dalam pertemuan lanjutan tersebut, pihak ISI Yogyakarta diwakili oleh Kepala BAAKPSI (Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan, dan Sistem informasi), Dra. R.A. Esti Hapsari Saptiasih dan Heri Abi Burachman Hakim, M.IP., dari unit kerjasama ISI Yogyakarta.