Peningkatan IKU (Indikator Kinerja Utama) ISI Yogyakarta melalui Pelatihan (Workshop) Pengisian RPS

DESPRO NEWS (06 Juni 2022) Progresivitas dalam lingkungan pendidikan menjadi salah satu aspek penting guna mencapai kualitas yang lebih tinggi, termasuk bagi Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Melalui banyak upaya dan program yang dicanangkan, ISI Yogyakarta berkomitmen untuk meningkatkan kualitas diri sebagai perguruan tinggi berbasis seni dan budaya di Indonesia. Salah satu bentuk upaya yang dilakukan adalah peningkatan tertib adiministrasi pengisian data dalam Neo Feeder PDDikti dan pengukuran kinerja bagi Perguruan Tinggi Negeri berbasis Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi Negeri (IKU PTN) untuk tahun 2022. Upaya ini menargetkan pembaharuan pada format RPS yang disusun di setiap prodi sehingga dapat mendukung peningkatan nilai IKU PTN, khususnya IKU 7 ISI Yogyakarta. Maka dari itu, bertempat di Ruang Rapat 3 Lt. 3 Rektorat ISI Yogyakarta diadakan Pelatihan (Workshop) Pengisian Form RPS.

Kegiatan pelatihan diikuti oleh semua prodi di lingkungan ISI Yogyakarta dan dibagi menjadi dua sesi di hari yang berbeda. Prodi Desain Produk sendiri mengikuti kedua sesi tersebut. Pada hari pertama (Jumat, 03 Juni 2022) Prodi Desain Produk mengirimkan wakil yaitu semua Dosen CPNS 2021 yang baru bergabung; Patrisius Edi Prasetyo, S.T., M.Sc., Sekar Adita, S.Sn., M.Sn., Baridah Mutmainah, S.Ds., M.Des., Silvya Bintang Ayu C., S.Ds., M.Ds., dan Nandang Septian, M.Ds. Selain itu, Kaprodi Desain Produk ISI Yogyakarta, Dr. Rahmawan Dwi Prasetya, S.Sn., M.Si. dan salah satu dosen, RA. Sekartaji Suminto, S.Sn., M.Sn. pun ikut menghadiri kegiatan tersebut. Sementara, pada hari kedua (Senin, 06 Juni 2022) beberapa dosen Prodi Desain Produk yang hadir yaitu Drs. AG. Hartono, M.Sn., Drs. Baskoro Suryo Banindro, M.Sn., Endro Tri Susanto, S.Sn., M.Sn., dan Nor Jayadi, S.Sn., M.A. Pembicara pada kegiatan ini, Hangga Hardhika, S.Sn., M.Ds. sekaligus selaku Kepala UPT Pusat Pengembangan Pendidikan ISI Yogyakarta mengharapkan semua perwakilan dosen dan kaprodi yang hadir dapat bersinergi dalam pembaharuan Form RPS guna peningkatan nilai IKU PTN. Beliau menyampaikan pembaharuan Form RPS merupakan usaha progresivitas dalam konsep belajar yang mengacu pada Kemendikbud dengan menitikberatkan kepada keterlibatan mahasiswa secara lebih aktif terhadap kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi guna peningkatan nilai IKU PTN (IKU 7; Kelas yang kolaboratif dan partisipatif).