Pameran “PARADE” Mahasiswa Desain Produk ISIYK

DESPRO NEWS (18 September 2019) Selama 3 hari berturut-turut, showroom Jurusan Desain, Fakultas Seni Rupa (FSR), Institut Seni Indonesia Yogyakarta “Galeri Sutopo” terlihat ramai. Keramaian itu disebabkan oleh banyaknya pengunjung yang datang untuk melihat pameran yang bertajuk “PARADE”. PARADE merupakan kependekan dari Pameran Anak Despro. Pameran yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh mahasiswa angkatan 2018 Program Studi Desain Produk ISI Yogyakarta tersebut memang cukup menarik perhatian. Ini adalah kali pertama mereka menampilkan karya-karya mereka dalam format pameran. Sebanyak kurang lebih 30 karya yang disajikan dalam gambar sketsa desain dan format manual dan digital. Tidak hanya itu, karya-karya tersebut juga dilengkapi dengan visualisasi digital dengan sentuhan teknologi Augmented Reality.

Acara Pembukaan Pameran “PARADE”

Pameran dibuka oleh Ketua Program Studi Desain Produk ISI Yogyakarta, Dra. RAMM Pandansari Kusumo, M.Sn. di Plaza FSR, yang dilanjutkan dengan melihat karya-karya yang dipamerkan di Galeri Sutopo. Tampak hadir dalam acara pembukaan tersebut, beberapa dosen Desain Produk ISI Yogyakarta, Rahmawan Dwi Prasetya, S.Sn., M.Si., Drs. Endro Tri Susanto, M.Sn., dan Sekartaji Suminto, S.Sn., M.Sn., dan Nor Jayadi, S.Sn., M.A. (Sekretaris Prodi Desain Produk). Tampak hadir pula, Drs. Baskoro Suryo Banindro, M.Sn. (Kaprodi Desain Produk terdahulu).

Suasana Pameran “PARADE”

Dalam keterangannya, Wahyu Dwi Ramadhan, selaku Ketua Panitia mengatakan bahwa ada 3 agenda yang menyatu dengan penyelenggaraan pameran ini. Selain pameran itu sendiri, di hari ke-2 ada juga acara talkshow yang menghadirkan 3 orang narasumber, Dwi Sulistyawati, S.Sn., M.TArs. (Universitas Tarumanegara, Jakarta), Rahmawan Dwi Prasetya, S.Sn., M.Si., dan Nor Jayadi, S.Sn., M.A. yang berbicara tentang relevansi bidang Desain Produk dengan Interior-Arsitektur, dunia kerja, dan dunia akademik. Di hari ke-3, sebuah seminar diselenggarakan dengan menghadirkan pembicara dari dunia industri emas terkemuka di Indonesia, PT UBS, Surabaya.

1 Comment