Pameran HIMA DESPRO ISIYK DEKRETY #1 2019

DESPRO NEWS (7 September 2019) Untuk pertama kalinya, Himpunan Mahasiswa Desain Produk (HIMA DP) ISI Yogyakarta menggelar acara pameran yang diberi nama DEKRETY #1. Pameran ini berlangsung tanggal 4-6 September 2019 di Gedung Sasana Ajiyasa Lt 2, Kampus Fakultas Seni Rupa – ISI Yogyakarta, Jl Parangtritis KM 6,5 Sewon-Bantul, Yogyakarta. Ketua panitia acara tersebut, Ruth Trivania, dalam press release-nya menyebutkan bahwa pemilihan nama DEKRETY tersebut bukan tanpa alasan. Dekrety adalah akronim dari Design dan Creati, awalan kata untuk Create, Creative, dan Creation. Artinya adalah apa yang dipamerkan dalam event tersebut merupakan hasil ciptaan mahasiswa yang berupa karya desain produk yang didasarkan atas kreativitas. DEKRETY #1 kali ini mengusung tema “Inproduce”, perkenalan produk dan karya mahasiswa Desain Produk yang telah dibuat.

Ruth Trivania R

Dr. Suastiwi, M.Des. selaku Dekan Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta dalam sambutannya mengatakan bahwa selain sebagai upaya penyampaian unjuk kerja civitas akademik Prodi Desain Produk ISI Yogyakarta, pameran tersebut diharapkan juga menjadi sarana untuk evaluasi bagi mahasiswa, dosen, dan kampus FSR ISI Yogyakarta. Dalam acara pembukaan pameran yang dilaksanakan di halaman depan Gedung Sasana Ajiyasa tersebut, tampak hadir Dra. RAMM Pandansari Kusumo, S.Sn., M.Sn. dan Nor Jayadi, S.Sn., M.A. (Ketua dan sekretaris Program Studi Desain Produk ISI Yogyakarta), serta beberapa orang dosen, Rahmawan Dwi Prasetya, S.Sn., M.Si., Drs. Endro Tri Susanto, M.Sn., dan Sekartaji Suminto, S.Sn., M.Sn. Tampak hadir pula, Drs. Baskoro Suryo Banindro (Kaprodi Despro ISIYK terdahulu) dan Dr. Timbul Raharjo (Pembantu Dekan III).

Pameran yang berlangsung selama 3 hari tersebut juga dimeriahkan oleh beberapa sub-acara lainnya, yaitu workshop dan live music. Workshop Finishing yang dilaksanakan pada hari ke-2 mengundang produsen bahan finishing BioIndustri dan diikuti oleh puluhan siswa SMK se-DIY yang diundang oleh panitia. Sedangkan acara live music performance yang digelar di halaman depan Gedung Sasana Ajiyasa, menampilkan Ruins, Della Chintya, Perangko Biru, Looner, Kopi Luwak,dan Little Baggie. Dalam pameran tersebut, panitia mengumumkan prize untuk Best Product Award kepada 3 peserta, yaitu Lulu Farhatul Amaniyah dengan karya lampunya yang menuai banyak pujian, Christophorus Andika dengan produk mainan anak karyanya, dan Deni Saputra dengan desain kotak jewelry.