Evaluasi Kurikulum dalam Paradigma OBE

DESPRO NEWS (27 September 2019) Selama 2 hari berturut-turut, hari Rabu-Kamis, tanggal 25-26 September 2019, 4 orang dosen Prodi Desain Produk ISI Yogyakarta mengikuti Workshop Penguatan Kurikulum yang diselenggarakan oleh Fakultas Seni Rupa Institut Seni Indonesia Yogyakarta (FSR-ISI Yogyakarta). Workshop yang dihadiri oleh kurang lebih 70 orang peserta dari seluruh program studi di lingkungan FSR ISI Yogyakarta tersebut diadakan di Gedung Sasana Ajiyasa Lt 2, Kampus FSR ISI Yogyakarta, Jl. Parangtritis KM 6,5 Sewon-Bantul, Yogyakarta.

Pada hari pertama, acara yang dibuka oleh Dekan FSR ISI Yogyakarta, Dr. Suastiwi, M.Des. tersebut menghadirkan Dr. Leni S Heliani, dari Fakultas Teknik Universitas Gajah Mada yang juga merupakan anggota Tim Ahli Penjaminan Mutu UGM sebagai nara sumber untuk memberikan materi tentang Evaluasi Kurikulum dalam Paradigma Outcomes Based Education (OBE). Sedangkan hari berikutnya, agenda workshop adalah menyusun draft revisi profil lulusan untuk menentukan kurikulum yang baru berdasarkan evaluasi yang dilakukan sebelumnya. Setiap prodi di lingkungan FSR ISI Yogyakarta diharapkan untuk mempersiapkan diri melakukan evaluasi kurikulum dan menyusunnya kembali menjadi kurikulum baru yang lebih adaptif terhadap perkembangan yang dewasa ini sangat cepat berubah.

Dalam acara tersebut, Prodi Desain Produk ISI Yogyakarta mengirimkan Tim Task Force Evaluasi Kurikulum yang beranggotakan Nor Jayadi, S.Sn., M.A. (Sekretaris Prodi), Rahmawan Dwi Prasetya, S.Sn., M.Si., Drs. Endro Tri Susanto, M.Sn., dan Sekartaji Suminto, S.Sn., M.Sn. Workshop itu sendiri diakhiri dengan presentasi draft hasil revisi oleh masing-masing program studi. Presentasi dari Tim Task Force Evaluasi Kurikulum Prodi Desain Produk ISI Yogyakarta dilakukan oleh Nor Jayadi, S.Sn., M.A., dan Rahmawan Dwi Prasetya, S.Sn., M.Si. Pada pukul 15.00, workshop ditutup secara resmi oleh Pembantu Dekan I FSR ISI Yogyakarta, Dra. Wiwik Sri Wulandari, M. Sn. dan diakhiri dengan sesi foto bersama.