DESPRO NEWS (12 November 2018) Seminar Akademik FSR ISI Yogyakarta kembali digelar pada pagi hingga sore hari tadi, Senin, 12 November 2018. Acara rutin tahunan di lingkungan Fakultas Seni Rupa Institut Seni Indonesia Yogyakarta tersebut telah menjadi tradisi akademis yang mampu meningkatkan atmosfer akademik dan berdampak positif bagi segenap civitas akademik FSR ISI Yogyakarta. Pada tahun 2018 ini, seminar tersebut mengangkat tema “Reaktualisasi Seni Tradisi di Era Milenial”.

Dalam sambutannya, Dra. RA. MM. Pandansari Kusumo, M.Sn., selaku Ketua Panitia, berharap melalui seminar terjadi sinergi pengetahuan, baik dari para narasumber maupun peserta, sehingga tujuan dari seminar akademik ini  dapat terwujud dan mampu memberikan kontribusi keilmuan bagi institusi maupun publik. Sebagai pimpinan Fakultas Seni Rupa, Dr. Suastiwi, M.Des., juga mengharapkan melalui seminar ini, ada gambaran bagaimana para pelaku budaya, seniman, desainer dan kriyawan melakukan reaktualisasi seni tradisi dan kemudian menciptakan kembali menjadi karya baru yang dapat dipakai dan dinikmati oleh para generasi milenial, dan tentunya juga bagaimana fenomena tersebut dilihat oleh para pengamat budaya.

 

Enam pembicara ditampilkan dalam event yang diselenggarakan di The Rich Jogja Hotel, Jl,. Magelang Km 6 No 18, Yogyakarta tersebut. Mereka masing-masing berlatar belakang akademisi dan praktisi di dunia seni rupa dan desain. Sesi pertama yang dipandu oleh Hangga Hardhika, S.Sn., M.Si., menghadirkan 3 orang pembicara, yaitu Lulu Lutfi Labibi, Dr. Kris Budiman, M.A., dan Dr. Suryo Tri Widodo, S.Sn., M.Hum. Sedangkan sesi kedua menghadirkan pembicara Mikke Susanto, S.Sn., M.A., Indiria Maharsi, S.Sn., M.Sn., dan Abdul Syukur, S.Sn., M.A. serta  I Gede Arya Sucitra, S.Sn., M.Sn. sebagai moderator. Tampak hadir dalam acara yang dipandu oleh Trisna Pradita Putra, S.Sos., M.M. tersebut jajaran pimpinan ISI Yogyakarta, diantaranya adalah Rektor ISI Yogyakarta, Prof. Dr. M. Agus Burhan, M.Hum., Pembantu Rektor I, Prof. Dr. I Wayan Dana, S.ST., M.Hum., Dekan FSR ISI Yogyakarta, Dr. Suastiwi, M.Des., serta Pembantu Dekan I dan II FSR ISI Yogyakarta.

Program Studi Desain Produk, ISI Yogyakarta, sebagai ‘host’ dalam event ini tampil dalam formasi penuh, Dra. RA. MM. Pandansari Kusumo, M.Sn. (Ketua Program Studi), Nor Jayadi, S.Sn. M.A., (Sekretaris Program Studi), Drs. Sumartono, M.A., PhD., Sekartaji Suminto, S.Sn., M.Sn., Drs. Endro Trisusanto, M.Sn., dan Rahmawan D. Prasetya, S.Sn., M.Si. serta dibantu oleh beberapa orang mahasiswa Program Studi Desain Produk, ISI Yogyakarta.

Tinggalkan Balasan