0274 381590

Kerjasama Despro ISIYK-AMKRI DIY


DESPROISIYK-AMKRI

DESPRO NEWS (06 November 2015) Jumat, 06 November 2015 barangkali dapat dikatakan sebagai hari bersejarah bagi hubungan antara DESPRO (Program Studi Desain Produk) ISIYK dan AMKRI (Asosiasi Mebel dan Kerajinan Indonesia) Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebab, pada hari itulah kedua institusi tersebut bertemu dan saling bersepakat untuk bersinergi memajukan industri mebel dan kerajinan di Yogyakarta dan sekitarnya. Bertempat di Tjokro Style Hotel, Jl. Menteri Supeno, Yogyakarta, Ketua Umum DPD AMKRI DIY, Hj. Indah  Rahayu Murnihati, SE, didampingi oleh jajaran pengurus,  menyampaikan berbagai isu penting, termasuk kendala yang dihadapi dan harapan-harapannya ke depan. “Anggota AMKRI DIY, saat ini berjumlah 76, kurang lebih 70% diantaranya bergerak dalam bidang industri mebel, sedangkan sisanya industri kerajinan. Kami melihat ada potensi masalah dalam menghadapi pemberlakuan MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) pada Januari 2016 mendatang, jika tidak mempersiapkan diri dengan baik,” tambahnya.
Oleh karenanya, di ujung pertemuan, keduanya mencapai kesepakatan untuk bersinergi dan  berkolaborasi untuk menghadapi persoalan-persoalan tersebut, utamanya yang berkaitan dengan pengembangan desain produk-produk mebel dan kerajinan. Ketua Program Studi Desain Produk ISIYK, Drs. Baskoro Suryo B., MSn., dalam kesempatan itu mengatakan bahwa inisiasi kerjasama tersebut merupakan hal yang sangat positif bagi kedua belah pihak, baik dari pihak praktisi maupun akademisi. “Kerjasama yang bersifat simbiosis mutualisme akan menguntungkan kedua belah pihak”, katanya.

DESPROISIYK-AMKRINamun dalam kesempatan tersebut ia berharap sinergi itu nantinya jangan hanya diwujudkan dalam Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) saja, tetapi harus sampai pada implementasi nyata dalam wujud kerjasama yang sinergis dan konstruktif.

Hadir dalam pertemuan tersebut beberapa orang dosen DESPRO ISIYK, Dra. RAMM Pandansari Kusumo, MSn. (Sekretaris Prodi), Rahmawan D. Prasetya, SSn., MSi, Sekartaji Suminto, SSn., MSn., Drs. Endro Trisusanto, MSn., dan Nor Jayadi, SSn., MSi.

Share Button
1 Comment
  1. Selamat menjalin kerjasama semoga ke depan bisa berdaya guna bagi kedua lembaga ini guna memajukan kerajinan dan mebel di Indonesia Yogyakarta khususnya

Leave a Reply

Archives